Wednesday, February 24, 2010

Demografi indonesia

Berikut ini adalah petikan data yang mungkin berguna untuk Anda.
1.     Jumlah penduduk Indonesia (2005) = 218.868.791
Dari jumlah tersebut, propinsi Jawa Barat adalah propinsi dengan populasi tertinggi yaitu 39 juta jiwa. Peringkat kedua dan ketiga untuk propinsi dengan populasi tertinggi diduduki Jawa Timur (36 juta jiwa) dan Jawa Tengah (32 juta jiwa)
2.     Rasio jenis kelamin penduduk Indonesia ternyata hampir satu. Lebih tepatnya 1.01. Masih sedikit lebih banyak penduduk berjenis kelamin laki-laki dibandingkan dengan perempuan. Data ini merombak paradigma awal saya yang selalu berasumsi jumlah penduduk perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki, yang secara tidak langsung mengesyahkan poligami . Rasio jenis kelamin paling tinggi terdapat di Papua (1.12)
3.     50% populasi penduduk Indonesia berada di usia produktif 15-45 tahun. Yang menarik, rasio jumlah penduduk di bawah usia produktif masih lebih tinggi (29%) dibandingkan rasio jumlah penduduk di atas usia produktif. Dengan sedikit modifikasi saya yakin gambaran penduduk Indonesia masih berbentuk piramida.
4.     Jawa Barat adalah popinsi dengan jumlah populasi tertinggi di Indonesia. Persentase populasi penduduk Jawa Barat mencapai 17.80%. Bandingkan dengan Kalimantan Timur yang memiliki luas wilayah 230 km2 (hampir 7 kali Jawa Barat), persentase penduduknya hanya 1.30%. Peringkat kedua diduduki oleh Jawa Timur (16.58%) yang diikuti dengan Jawa Tengah (14.61%).
5.     Oh ya, tahukah Anda bahwa luas wilayah Indonesia adalah 1.890.754 km2?
6.     Distribusi populasi penduduk Indonesia sangat tidak merata. Pulau Jawa dan Madura masih menjadi pulau dengan populasi tertinggi. Hal ini kemungkinan ada kaitannya dengan pembangunan yang “sangat” tidak merata di Indonesia, dimana pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana masih terpusat di pulau Jawa dan Madura. Persentase populasi penduduk di pulau Jawa dan Madura mencapai 58.8% total penduduk Indonesia yang diikuti dengan pulau Sumatera sebesar 21%.
7.     Yang perlu dicermati adalah 79% penduduk Indonesia tinggal di pulau Jawa dan Sumatera dimana gabungan luas pulau-pulau tersebut hanyalah 30% dari luas total Indonesia. Bandingkan dengan pulau Kalimantan, persentase jumlah penduduk hanya sebesar 5.5% dari total penduduk Indonesia dengan luas wilayah 28% luas total Indonesia
8.     Bagaimana dengan kepadatan penduduk? Seperti yang sudah saya duga, DKI Jakarta adalah propinsi terpadat di Indonesia. Kepadatan penduduk Jakarta adalah 13.344 jiwa per-km2. Propinsi Jawa Barat menempati peringkat kedua dengan 1.126 penduduk per-km2. Dilanjutkan dengan DI Yogyakarta (1.049), Banten (1.044), dan Jawa Tengah (982).
Sumber: dari googling beberapa situs dan Data Statistik Indonesia

No comments:

Post a Comment