Friday, March 19, 2010

Pertanyaan Teknis tentang IM2 Internet Broadband (3G) :

Pertanyaan Teknis tentang IM2 Internet Broadband (3G) :
Q1
Apa yang dimaksud dengan layanan IM2 Broadband Internet?
A1.
IM2 Internet Broadband adalah produk IM2 untuk melayani pelanggan dalam mengakses Internet kecepatan tinggi, hingga 2.6Mbps, memanfaatkan jaringan 3G Indosat. Dengan produk ini pelanggan, menggunakan userid dan password yang dipunyainya, dapat mengakses layanan IM2 yang lain seperti dial-up via jaringan telepon PT. Telkom, hotspot dan seluler CDMA yakni StarOne dan Fren.
Untuk sementara ini akses yang dapat dimanfaatkan adalah jaringan 3G Indosat. IM2 akan mengembangkan jaringan akses broadband baik melalui kerjasama dengan operator lain maupun dengan membangun jaringan akses sendiri.
Q2
Apa hubungan IM2 Broadband Internet dengan 3G Indosat Broadband?
A2.
IM2 Broadband Internet saat ini menggunakan jaringan 3G Indosat. Dengan demikian, IM2 Broadband Internet dan 3G Indosat Broadband menggunakan jaringan yang sama untuk akses Internet. Namun demikian masing-masing produk memiliki keunggulan masing-masing. Anda dapat merujuk pada definisi masing-masing produk untuk membandingkannya secara langsung.

Offline:
IM2
+
Multi access methode: satu user-id/password dapat digunakan untuk berbagai macam metode akses (dial-up, hotspot, CDMA).
Routing langsung ke IIX dan International. Akses ke situs lokal lebih cepat ( detik.com,
republika.co.id, kompas.com).

-
USIM yang diterima untuk akses 3G berfitur “data only” (tidak bisa digunakan untuk telepon dan SMS/MMS). Namun demikian, pada kecepatan akses yang cukup, dapat digunakan untuk melakukan VOIP maupun video chatting.
Indosat
+
USIM yang diterima dapat digunakan untuk voice, video call, SMS/MMS, data (akses Internet).

-
Tidak multi akses Link ke IIX tidak ada (Hanya ke Internasional).

 
Q3
Apa kelebihan layanan Anda ini?
A3.
Beberapa kelebihan layanan IM2 Broadband Internet adalah:
  1. Kecepatan tinggi untuk akses melalui jaringan 3G/HSDPA (High Speed Downlink Packet Access).
  2. Apabila jaringan 3G tidak tersedia atau tidak dapat mengakses jaringan 3G, dapat roaming di jaringan GPRS di satu zone yang sama dengan zone yang sudah terlayani jaringan 3G dengan tarif per KB sama dengan akses via jaringan 3G.
  3. Userid/paswd yang sama dapat digunakan untuk login di metode akses yang lain yang dimiliki oleh IM2 yakni dial-up, hotspot/wifi, Fren (CDMA), Starone (CDMA), serta roaming wifi/3g di negara-negara yang didalamnya ada operator partner IM2.
  4. Metode charging akses via 3G menggunakan volume based dengan demikian pelanggan dapat lebih nyaman mengakses halaman Internet maupun membaca/menulis email tanpa diburu oleh waktu akses.
  5. Bea abodemen dapat digunakan untuk seluruh metode akses dengan perhitungan tertentu, yakni didahulukan yang paket volume base. Apabila volume yang diakses (UL/DL) masih kurang dari quota, maka sisa (dalam bentuk rupiah) dapat digunakan untuk akses non 3G.
Q4
Apa bedanya 3G untuk selular dengan 3G Broadband Internet?
A4.
Pada dasarnya adalah sama. IM2 (3G) Broadband Internet memanfaatkan jaringan 3G selular untuk melakukan akses Internet.
Q5
Apa bedanya Broadband 3G dengan Broadband yg lain, seperti broadband cable dan broadband CDMA atau Wi-Fi?
A5.
Terhadap broadband cable, perbedaannya dari sisi akses hanya terletak pada mobilitas. Akses 3G tentu lebih mobile. Terhadap CDMA (dalam hal ini terhadap penyedia layanan akses Internet via jaringan CDMA misalnya Fren/Esia/StarOne) perbedaannya terutama terletak pada kecepatan. Namun apabila layanan CDMA sudah bermigrasi ke 3G (EVDO) maka perbedaannya hanya pada teknologinya semata, dari sisi pengguna, kurang lebih akan sama. Di sisi/fitur yang lain tentu akan berbeda misalnya tarif, ketersediaan jaringan, kualitas jaringan serta luas cakupan.
Terhadap Wifi, perbedaannya terutama pada mobilitas dan jangkauan. 3G lebih luas dan lebih mobile dibanding Wifi/Hotspot.
Q6
Perangkat teknis apa saja yg saya butuhkan untuk mengakses layanan broadband 3G? apa saja spek khusus untuk PC dan Notebook agar kompatibel dengan perangkat akses broadband 3G?
A6.
Pada dasarnya tidak ada perangkat khusus. Notebook dengan spesifikasi setara Pentium 3 asalkan mempunyai PCMCIA slot atau port USB dapat menggunakan datacard atau USB modem 3G dan mengakses layanan ini.
Untuk Mac/Apple, minimal versi MacOSX adalah 10.3 dan untuk sementara ini hanya dapat digunakan untuk USB modem Huawei dan Option GlobeTrotter.
Q7
Bagaimana cara kerja akses Internet Broadband 3G ini?
A7.
Cara kerja akses Internet Broadband 3G kurang lebih sebagai berikut:
  1. pelanggan menggunakan CPE (modem) yang dipunyainya melakukan dial-up networking ke jaringan 3G melalui BTS yang diaksesnya;
  2. BTS meneruskan koneksi ke router-router di belakangnya hingga GGSN;
  3. GGSN akan meneruskan permintaan koneksi ini ke APN (Access Point) yang dalam hal ini ke APN indosatm2 untuk kemudian dilakukan AAA (Authentication, Authorization dan Accounting) oleh server RADIUS.
  4. Apabila diberi hak untuk akses, koneksi akan di-grant dan diberi IP dan setting koneksi yang lain (seperti IP DNS)
  5. Pelanggan online dan telah tersambung ke Internet.
Q8
Berapa maksimum dan minimum speed yg saya dapat untuk akses broadband 3G ini? Bagaimana kualitas Uplink dan DownLinknya?
A8.
Menggunakan teknologi HSDPA yang ada sekarang (diimplementasikan oleh Indosat) maksimum kecepatan yang didapat adalah 2.6Mbps (secara teori bisa hingga 3.6 Mbps bahkan generasi selanjutnya dari 3.5G/HSDPA bisa hingga 14.4 Mbps). Catatan: Ijin frekuensi yang ada sekarang mempunyai bandwidth 5 MHz.
Minimum speed yang diberikan adalah pada nilai 10 kbps untuk akses Internasional dan 100 kbps untuk akses IIX.
Q9
Bagaimana jika sinyal 3G tidak saya dapat?? Apa koneksi langsung putus?
A9.
Tidak. Sistem akan langsung mengalihkan koneksi ke GPRS dan koneksi masih dapat berlangsung walaupun dengan kecepatan yang lebih rendah dibanding koneksi 3G.
Q10
Error apa saja yg sering terjadi dalam koneksi ini?
A10.
Error yang sering terjadi:
  1. Jaringan sibuk menyebabkan usaha untuk masuk ke dalam sistem seluler 3G untuk koneksi Internet tidak bisa dilakukan. Analoginya adalah seperti pesan “network busy” pada jaringan GSM ketika pengguna berusaha melakukan panggilan.
  2. User-id yang menggantung. Maksudnya adalah user-id masih terekam di RADIUS dalam keadaan login walaupun pelanggan sedang tidak login. Penyebabnya bisa karena pelanggan melakukan diskoneksi tanpa menekan tombol disconnect (misalnya karena komputer hang atau komputer kehilangan daya/listrik tiba-tiba) atau bisa juga karena diskoneksi tidak berlangsung mulus (kesalahan sistem).
Q11
Kenapa User ID saya tidak bisa digunakan untuk koneksi?
A11.
Penyebabnya bisa bermacam-macam. Apabila semua setting koneksi sudah benar, maka kemungkinan terakhir adalah adanya user-id menggantung.
Q12
Apakah ada indikator dari datacard jika sinyal/koneksi kurang baik? Apa artinya lampu LED di datacard/modem blingking?
A12.
Lampu LED blinking artinya ada data transfer dan tidak menunjukkan kualitas koneksi. Kualitas koneksi bisa dilakukan dengan melakukan:
  1. Tes ping (misalnya ping 202.155.0.15)
  2. Tes trace route (command tracert di Windows command window)
  3. Tes bandwidth (www.indosatm2.com/bandwidthmeter
Q13
Lebih bagus mana datacard bentuk USB atau PCMCIA?
A13.
Dari segi fungsi koneksi kedua jenis modem ini sama saja. Namun dari segi fleksibilitas dan fitur lain seperti kemudahan semuanya tergantung dari preferensi pelanggan. Misalnya ada pelanggan yang selain ingin melakukan koneksi via notebook juga melakukan koneksi via PC, maka USB modem lebih tepat. Namun ada yang ingin kepraktisan dan divais menyatu dengan notebook, maka datacard PCMCIA lebih tepat. Atau pelanggan ingin menggunakan 3G wireless router yang bisa digunakan untuk share via Wifi, maka datacard lebih tepat karena Wireless-G Router (misalnya produk Linksys WRT54G3G) hanya bisa menggunakan datacard sebagai divais modemnya.
Q14
Kenapa datacard saya mudah panas? Apakah panas tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada perangkat saya ini?
A14.
Teknologi yang digunakan 3G/UMTS/HSDPA adalah WCDMA (Wideband CDMA). Seperti teknologi CDMA biasanya, teknologi ini menggunakan spektrum pita lebar untuk transmisi data dan memanfaatkan perbedaan kode sebagai pembeda masing-masing link komunikasi. Sama seperti sistem telepon CDMA, komunikasi jenis ini memerlukan energi yang besar dan karenanya divais lebih cepat panas akibat konsumsi energi yang tinggi. Perangkat sudah dirancang sedemikian rupa sehingga panas yang ditimbulkan tidak akan merusak perangkat. Namun ada baiknya Anda membatasi penggunaan modem/datacard sesuai petunjuk penggunaannya (hanya untuk penggunaan di rumah atau kantor).
Q15
Apakah datacard yg saya terima dari anda bergaransi? Bagaimana jika belum setahun datacard saya rusak?
A15.
Ya. Silakan kembalikan ke IM2 dan akan diberikan gantinya.
(Syarat dan kondisi berlaku).
Q16
Apa user id dapat saya ganti sendiri? Atau harus konfirm ke IM2..?
A16.
User-id tidak dapat Anda ganti sendiri. Anda harus meminta form penggantian user-id. Hal ini berlainan dengan password yang dapat Anda ganti sendiri dan bahkan disarankan untuk diganti secara periodik untuk menghindari penyalahgunaan.
Q17
Bagaimana jika saya lupa password Login? Apa bisa direset? Apa saja syaratnya?
A17.
Bisa. Silakan menghubungi customer service kami.
Q18
Bagaimana jika saya mengalami gangguan? Siapa yg dapat saya hubungi? Apa personil teknis Anda bisa datang ke tempat saya?
A18.
Anda dapat menghubungi Customer Service center kami di nomor 021-7854-6900. Apabila semua usaha troubleshoot yang diberikan oleh CS kami masih belum menyelesaikan permasalahan Anda, kami dengan senang hati akan membantu Anda di tempat yang Anda tentukan.
Q19
Bagaimana cara saya mengetahui setting/pengaturan untuk koneksi 3G ini?
A19.
Di dalam setting guide yang kami berikan terdapat petunjuknya.
Apabila Anda masih menemui kesulitan, silakan menghubungi CS kami.
Pada dasarnya setting koneksi IM2 Broadband Internet via Indosat 3G adalah sbb:
a. Dial number
: *99#
b. Userid
: user-id Anda
c. Password
: Pasword Anda
d. APN (static)
: indosatm2
e. Authentification
: PAP

Saat ini kami sedang mengupayakan agar sistem kami memungkinkan penggunaan modem dan USIMnya menggunakan Dial-Up Networking (DUN).
Dengan menggunakan DUN, hanya diperlukan pengaturan seperti pengaturan dial-up biasa yang hanya memerlukan
a. Nomor dial
: *99#
b. Userid
: Userid Anda
c. Password
: Pasword Anda

Hal ini memungkinkan karena jaringan 3G sudah mengenali nomor (identitas) USIM yang dipakai dan langsung meneruskan untuk koneksi Internet via APN indosatm2.
Q20
Jika email saya bukan email indosat.net.id, apa saya tetap bisa mengirim email menggunakan koneksi 3G? Apa setting/pengaturan yang harus saya perhatikan untuk mengirim email?
A20.
Anda tidak akan menemui masalah apabila Anda mengirim via email webbased, karena akses yang diperlukan adalah HTTP (Hyper Text Transfer Protocol).
Apabila Anda menggunakan email client (seperti Outlook, Pegasus, Calypso) maka diperlukan pengaturan tertentu yakni pengaturan pop3 dan SMTP server. Hal ini sebenarnya tidak berbeda dengan jenis koneksi yang lain baik via LAN, dial-up, cable modem dll.
Incoming mail : pop.indosat.net.id atau 202.155.50.18
Outgoing mail : smtp.indosat.net.id atau 202.155.50.28
Contoh pengaturan di Microsoft Outlook:
http://124.81.92.141/files/images/faqs/3g-01-outlook-servername.jpg
http://124.81.92.141/files/images/faqs/3g-01-outlook-serveraddress.jpg
Q21
Apakah layanan Anda ini menggunakan sistem/fitur multiple login?
A21.
Tidak. Hanya 1 userid yang dapat login di satu waktu baik dari jaringan 3G maupun dari metode akses yang lain. Dengan kata lain, hanya satu userid dapat login di satu waktu di sistem otentifikasi akses AAA IM2 (RADIUS).
Q22
Bagaimana cara mengetahui berapa speed yang saya dapat? Bagaimana cara mengetesnya?
A22.
Untuk dapat melakukan test speed dari PC/Notebook Anda ke server IM2, dapat digunakan halaman www.indosatm2.com/bandwidthmeter.
Sedangkan untuk speed test dari PC/Notebook Anda ke server International, dapat digunakan halaman
www.speakeasy.net/speedtest/.
Mohon dicatat bahwa bandwidth meter (speed test) hanya merupakan indikator yang tidak dapat mewakili kualitas koneksi/jaringan secara menyeluruh.
Q23
Apakah kualitas akses bergantung pada lokasi (indoor atau outdoor) dan keadaan cuaca?
A23.
Frekuensi yang dipakai dalam transmisi data untuk teknologi 3G/UMTS/HSDPA adalah Frekuensi Uplink: 1950 – 1955 MHz, dan frekuensi Downlink: 2140 – 2145 MHz yang termasuk dalam kategori S-band. Secara praktek di lapangan, pada frekuensi ini penerimaan sinyal cukup sensitif terhadap “posisi”. Contoh di dalam satu ruangan (kasus tertentu), misalnya di balik pintu, sinyal tidak ada, namun apabila keluar sedikit bisa jadi sinyal sudah sangat bagus. Hal ini tentu karena karakteristik frekuensi apabila semakin tinggi, secara umum akan semakin menuntut terhadap kondisi “line of sight” atau melihat langsung ke sumber sinyal (antenna pemancar/BTS). Terhadap cuaca yakni terutama terhadap hujan, sinyal pada frekuensi ini tidak terpengaruh.
Q24
Apakah sudah tersedia driver modem untuk OS Linux?
A24.
Ya. Untuk Linux, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:
  1. Download kernel source 2.6.20 di http://www.kernel.org/pub/linux/kernel/v2.6/testing/linux-2.6.20-rc5.tar.bz2 (Berhubung belum rilis, mohon diambil yang Release Candidate atau RC)
  2. Lakukan konfigurasi dan compile kernel tersebut
  3. Plug USB Modem Huawei. Akan muncul pesan di dmesg sebagai berikut:
Jan 15 13:15:43 kernel: usb 3-1: new full speed USB device using ohci_hcd and address 5
>
Jan 15 13:15:43 kernel: usb 3-1: configuration #1 chosen from 1 choice
Jan 15 13:15:43 kernel: option 3-1:1.0: GSM modem (1-port) converter detected
>
Jan 15 13:15:43 kernel: usb 3-1: GSM modem (1-port) converter now attached to ttyUSB1
  1. Kemudian download-lah tool berikut ini untuk mempermudah proses selanjutnya: http://www.kanoistika.sk/bobovsky/archiv/umts/huaweiAktBbo-i386.out . Apabila telah terdownload lakukan chmod +x supaya bisa dijalankan. Kemudian jalankan ./huaweiAktBbo-i386.out.
Catatan: Tool ini berfungsi untuk mengaktifkan fungsi modem supaya bisa diakses oleh wvdial atau aplikasi sejenisnya.
  1. Dari sini, kita bisa gunakan wvdialconf untuk melakukan probing dan selanjutnya bisa diteruskan sendiri seperti dialup biasa.
Pertanyaan Non Teknis :
Q25
Persyaratan apa saja yang diperlukan jika saya tertarik berlangganan 3G Anda?
A25.
Untuh masa promosi ini, dimana pendaftar mendapatkan modem gratis seharga di atas Rp 1.500.000,-, maka dipersyaratkan untuk memiliki kartu kredit yang masih aktif dan harus bersedia menandatangani kesediaan berlangganan selama satu tahun (12 bulan). Selain itu, walaupun tidak dipersyaratkan secara ketat, pendaftar harus berada di coverage 3G Indosat (Jakarta – Surabaya) sebagai syarat untuk mendapatkan modem gratis.
Q26
Bagaimana cara berlangganannya?
A26.
Silakan kontak Sales kami di 021-78546868 (Jakarta) atau 031-5355764/5355765 (Surabaya) atau kunjungi www.indosatm2.com untuk melakukan registrasi online.
Q27
Apakah saya bisa menikmati akses 3G ini tanpa perlu berlangganan? Misalnya dengan membeli prepaid Anda?
A27.
Tidak. Saat ini layanan IM2 Internet Broadband menggunakan jaringan 3G hanya untuk pelanggan yang berlangganan paket bulanan kami.
Q28
Bagaimana cara mengetahui apakah area saya sudah tercover sinyal 3G Anda?
A28.
Apabila Anda memiliki handphone 3G dan memiliki SIM/nomor Indosat yang dapat mendaftar ke jaringan 3G (misalnya Matrix), maka Anda dapat langsung melihat apakah ada sinyal ISAT-3G di sana. Matrix-3G, ISAT-3G, ISAT 3G/UMTS merujuk pada jaringan yang sama yakni Indosat 3G. Apabila di tempat Anda ada sinyal Indosat 3G maka, Anda dapat dilayani oleh IM2 Internet Broadband.
Anda dapat pula menghubungi Sales Rep, CS serta Telemarketing IM2 untuk mengetahui hal ini.
Q29
Apakah Indosat akan terus memperluas coverage jaringan 3G-nya?
A29.
Ya, tentu. Di awal tahun 2007, Bandung, Semarang dan Jogja akan dikembangkan jaringan 3G Indosat. Hingga akhir tahun 2007 kota-kota besar Indonesia akan menyusul. Anda dapat merujuk pada halaman web 3g.indosatm2.com/about/coverage.php untuk melihat cakupan jaringan Indosat 3G. Layanan IM2 Internet Broadband menggunakan jaringan yang diinformasikan pada halaman web ini.
Q30
Bagaimana cara mengetahui fitur dari IM2 Internet Broadband 3G ini? Fasilitas apa saja yang saya dapat jika saya menjadi pelanggan anda?
A30.
Fitur Produk IM2 Internet Broadband dapat Anda ketahui di homepage kami www.indosatm2.com atau Anda dapat menghubungi CS kami, atau melalui selebaran/brosur produk yang kami berikan.
Q31
Apa saja yg saya dapat, jika saya menjadi pelanggan Anda?
A31.
Apabila Anda mendaftarkan diri pada program promo aktivasi layanan IM2 Internet Broadband (masa promo) maka Anda akan mendapatkan modem gratis yang jenisnya dapat Anda tentukan sendiri, USB atau PCMCIA, apabila masih tersedia. Selain itu Anda akan mendapatkan USIM (Universal Subscriber Identity Module) untuk mengakses jaringan 3G Indosat. Terakhir adalah user-id dan password untuk dapat mengakses layanan Internet IM2. Fitur tambahan lainnya adalah mailbox sebesar 100 MB. Apabila tidak mengikuti program promo maka Anda akan mendapatkan user-id/password dan USIM sedangkan untuk modem 3G Anda harus mengadakannya sendiri. Silakan hubungi Customer Care kami untuk info promo ini.
Q32
Berapa lama waktu aktivasi 3G ini?
A32.
Apabila semuanya lancar (misalnya verifikasi kartu kredit, userid tersedia) maka maksimal 2 hari waktu yang diperlukan untuk aktivasi. Namun apabila ada banyak hal belum terverifikasi, maka maksimal 7 hari aktivasi.
Q33
Untuk datacard/USB modem dan USIM, berapa lama akan sampai di pelanggan jika pelanggan sudah dinyatakan aktif?
A33.
Maksimal 2 hari untuk pelanggan Jakarta.
Q34
Apakah USIM yg saya terima sudah dalam keadaan aktif? Apakah ini perlu diregistrasikan sesuai ketentuan pemerintah?
A34.
Tidak. Registasi telah dilakukan dan a.n. PT. Indosat Mega Media.
Q35
Untuk Promosi Free Modem, apa saja syarat untuk mengikuti promo ini?
A35.
Anda harus mempunyai kartu kredit yang masih aktif dan bersedia menandatangani formulir kesediaan berlangganan selama satu tahun (12 bulan) dan ditagih penggunaan Internetnya dengan cara perbulan di tagih via kartu kredit.
Q36
Bagaimana jika saya tidak memiliki kartu kredit, apa saya bisa mengikuti promo Anda? atau apakah bisa, kartu kredit bukan atas nama saya?
A36.
Bisa. Apabila Anda menggunakan kartu kredit yang bukan atas nama Anda sendiri (pendaftar bukan pemilik kartu kredit) maka diperlukan Surat Kuasa dari pemilik kartu kredit dan fotokopi KTP pemilik kartu kredit.
Q37
Bagaimana jika saya berhenti sebelum masa kontrak promo berakhir karena saya tidak puas dengan layanan Anda? Apa ada kompensasi yg harus saya terima? Apa saja syarat berhenti berlangganan?
A37.
Apabila Anda berhenti karena suatu sebab di tengah masa kontrak berlangganan, maka Anda diminta untuk mengembalikan USB modem atau datacard PCMCIA yang Anda terima beserta USIM dan kelengkapan lainnya. Apabila karena suatu sebab Anda tidak bisa mengembalikan USB Modem/Datacard maka, via kartu kredit, Anda akan dibebani biaya Rp 2.500.000.
Q38
Apa saja paket-paket 3G yang anda miliki termasuk biayanya? Apa sudah ada akses unlimitednya?
A38.
Di bawah ini adalah paket-paket layanan IM2 Internet Broadband.
http://124.81.92.141/files/images/faqs/3g-packages.jpg
Untuk sementara ini tidak ada paket unlimited.
Q39
Apa biaya-biaya paket 3G sudah termasuk Pajak PPN?
A39.
Belum.
Q40
Apa saya harus membayar lokal Link dari koneksi ini?
A40.
Tidak.
Q41
Bagaimana cara perhitungan biayanya? Apa berdasarkan volume atau waktu?
A41.
Untuk akses via 3G perhitungan biaya didasarkan pada volume KB download dan upload yang Anda akses. Kurang lebih biayanya adalah Rp. 0,5/KB atau Rp. 512/MB (Mohon diperhatikan bahwa 1 MB = 1024 KB dengan satuan terkecil perhitungan biaya adalah KB). Sedangkan akses lewat metode yang lain seperti dial-up, hotspot/wifi, CDMA masih menggunakan skema time-based.
Q42
Apakah biaya akses via 3G dan GPRS sama?
A42.
Ya, sama. Baik di dalam “bagian” quota maupun exceed usage. Hal ini tak ubahnya perbedaan biaya pengangkutan barang per kilogram. Misalnya biaya angkut Rp. 1000/kilogram, maka via jalan sempit maupun yang lebar maupun yang sedang biayanya sama saja, yang penting per kilogram adalah Rp. 1000. Tentu pengangkutan via jalan yang lebar lebih cepat dibanding via jalan yang lebih sempit.
Q43
Berapa yg harus saya bayar jika ada kelebihan pemakaian?
A43.
Hal ini tergantung dari benyak sedikitnya akses Anda. Kelebihan pemakaian akses 3G ditentukan pada nilai Rp. 0,5/KB.
Q44
Apa koneksi langsung akan putus jika kapasitas saya sudah melebihi paket yg saya pilih? Apakah ada warning dari sistem Anda?
A44.
Tidak. Anda tetap bisa mengakses layanan walaupun sudah melebihi quota paket. Warning pemakaian sedang kami kembangkan. Namun Anda dapat memonitor volume penggunaan Anda dengan login terlebih dahulu ke www.indosatm2.com.
Q45
Bagaimana cara mengetahui tagihan dan berapa pemakaian saya kapasitasnya saat ini?
A45.
Anda dapat mengunjungi website www.indosatm2.com, login di panel kanan atas dan browse ke halaman yang sesuai.
Q46
Apakah sistem anda bisa memblok apabila kapasitas saya sudah melebihi paket yg saya miliki? Karena saya takut tagihan saya membengkak.
A46.
Tidak. Untuk sementara fitur ini belum ada.
Q47
Bagaimana cara pembayaran jika saya memilih pembayaran secara tunai? Apakah bisa melalui transfer atau ATM? Bank mana saja yg bisa untuk pembayaran ini..?
A47.
Bagi Anda yang ikut program promo, tagihan akan dilakukan via penerbit kartu kredit. Sedangkan metode pembayaran terhadap tagihan kartu kredit tergantung dari metode yang disediakan oleh penerbit kartu kredit. Tagihan yang diterbitkan oleh penerbit kartu kredit pada bulan bersangkutan akan sama dengan nilai tagihan yang IM2 kirimkan.
Q48
Bagaimana jika saya terlambat membayar? Apa koneksi saya akan langsung diputus total (blokir) atau ada peringatan terlebih dahulu dari Anda?
A48.
Apabila Anda mengikuti program promo dimana penagihan adalah via kartu kredit maka keterlambatan pembayaran berhubungan dengan keterlambatan pembayaran kartu kredit dan tidak berhubungan dengan pembayaran ke layanan IM2 Internet Broadband.
Sedangkan pelanggan biasa (non-promo) yang terlambat memenuhi kewajiban bayar akan diblokir sesuai dengan mekanisme blokir layanan dial-up kami.
Jika Anda tidak mengikuti program promo, maka Anda dapat memilih metode pembayaran yang cocok untuk Anda.
Q49
Berapa lama jangka waktu mengaktifkan account saya kembali, apabila karena kelalaian saya, account saya diblokir?
A49.
Apabila sudah ada konfirmasi bahwa Anda telah memenuhi kewajiban pembayaran Anda, account Anda akan diaktifkan kembali dalam waktu kurang dari 24 jam.
Q50
Apa USER ID saya bisa digunakan untuk koneksi yg lain, misalnya hotspot? Berapa biayanya? Apakah sudah termasuk di dalam paket? Atau ada tagihan secara terpisah?
A50.
Ya, bisa. Userid yang Anda dapatkan bisa digunakan untuk akses hotspot, dial-up dan StarOne/Fren. Apabila Anda mengakses hotspot IM2, tarifnya adalah Rp. 9500/jam. Apabila akses via 3G (volume base) Anda kurang dari quota limit yang ditentukan (sesuai paket) maka nilai sisa quota(proporsional) akan dapat digunakan untuk mengurangi biaya akses non 3G Anda. Misalnya: Anda berlangganan paket You! Rp. 350.000, 1GB (1024MB). Apabila di suatu bulan akses Anda adalah 512 MB, akses hotspot 20 jam, maka nilai sisa quota adalah 512 MB (setara Rp. 175.000), akses hotspot Rp. 190.000 maka yang Anda bayarkan di bulan itu adalah biaya paket ditambah bea akses hotspot dikurangi sisa akses 3G atau Rp. 350.000 + (190.000 – 175.000) = Rp. 365.000 (+ PPN 10%).
Q51
Jika saya sudah menjadi pelanggan Anda untuk produk yg lain dan saya tertarik untuk berlangganan 3G ini, apa yang harus saya lakukan? Apa saya bisa upgrade? Apa saja syaratnya?
A51.
Bisa. Istilahnya bukan upgrade tetapi migrasi (dari dial-up ke IM2 Internet Broadband). Apabila Anda mengikuti program promo Anda harus mengikuti syarat-syarat yang ada di program ini (rujuklah ke pertanyaan nomor sebelumnya). Silakan menghubingi Sales kami untuk mendapatkan formulir berlangganan IM2 Internet Broadband dan pilihlah tipe migrasi yang menunjukkan bahwa saat ini Anda adalah pelanggan IM2.
Q52
Apabila saya telah memiliki modem 3G dan ingin mendapatkan layanan IM2 Internet Broadband tanpa mengikuti promo, apakah bisa?
A52.
Bisa. Dengan demikian Anda hanya akan mendapatkan USIM dan diperlakukan sebagaimana pelanggan dial-up biasa.
Q53
Apa saja yg harus saya lakukan bila ada perubahan data pelanggan, misalnya pindah alamat, perubahan cara pembayaran, atau pengalihan account?
A53.
Anda dapat memberitahukan hal ini ke CS kami dan mengikuti prosedur yang ada di Sales Admin kami.
Q54
Apakah saya mendapat potongan atau penyesuaian tagihan bila penutupan atau pemblokiran sementara account saya, tidak dilakukan di akhir bulan?
A54.
Betul. Secara proporsional bea paket akan disesuaikan dengan tanggal berapa Anda menyatakan berhenti. Sedangkan total tagihan akan disesuaikan dengan sistem billing untuk IM2 Internet Broadband yang berlaku.
Q55
Apa yg harus saya lakukan untuk menutup atau membuka kembali account saya?
A55.
Silakan menghubungi CS dan mengisi formulir yang disediakan.
Q56
Berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk penutupan account saya?
A56.
Apabila seluruh prosedur telah Anda penuhi lalui dan berstatus OK, kurang dari 24 jam account Anda sudah ditutup.
Q57
Kapan waktu terbaik, jika saya ingin menutup account saya?
A57.
Ini sangat tergantung dari preferensi Anda. Kami tidak bisa menyarankan apapun. Kami berusaha sebaik mungkin untuk melayani pelanggan.
Untuk pertanyaan lainnya, silahkan hubungi 021-78546900

1 comment: